26 Maret 2020

Baby Bima Emblishment

Here we go. Belanja kebutuhan Bayi itu ternyata sangat menyenangkan yah. And it's my story; first time to shop for my son. Singkatnya, sebelum kalian akhirnya malah jadi beli ini itu yang ga guna hahahah, just wanna share sebelum beli ini itu; aku suka searching searching kebutuhan baby via online or baca dulu review-review nya (dengan membaca review atau nonton di yutub one of the key supaya kita tau, butuh ga barang-barang ini tuh. Karena kalo konsumtif kan sayang budget-nya yhaakhaan) dan kemudian mengira-ngira yang pas sesuai sama kebutuhan kita apa, even sometimes ended with beli beli yang ga kepake samasekali sih (jangan ditiru). Ditulisan kali ini, mau review yang biasanya paling banyak digunakan pas kita baru punya baby, selain kebutuhan kayak skincare si baby, baju dan lainnya. Most of a new parent pasti bakalan searching dan cari kereta dorong bayi yang disesuaikan budget masing-masing tentu-nya. But I will sharing 3 brand stroller yang aku pake selama 2 tahun ini, siapa tau bisa jadi perbandingan atau mungkin bisa ngambil inti cari stroller yang pas dengan berbagai macam brand yang ada pasaran, yess dear?! Selamat membaca gaesss.


Sharing dulu lah yaa tentang stroller. Sedikit berbagi cerita tentang pengalaman pake stroller stroller yang aku punya atau kereta dorong baby, yang sebetulnya udah lama pengen beeeuudd pengen me review ini. Berhubung banyak ina inu jadi baru sempet skrg me-review. ... istirahat yang lamaa yessss?

Bima punya beberapa stroller, yang end up-nya sekarang tinggal 2 hahahahaah (that's enough - yaakalee deh mo punya 6 😥)

Dimulai dari stroller. Ini sih yang bikin gregetan hehehe. Aku punya sampe 3 stroller. Pilihannya mulai dari yang lite sampe agak heavy. Pilihan pertama, aku beli stroller brand Mamas Papas dengan model Mamas Papas Urbo 2. Kursinya bisa menghadap ke kita atau diputer balik. Beratnya agak lumayan 12 kg. Dan lumayan comfortlah untuk baby newborn sampai dengan umur 6 bulanan. Dia bisa di ditidurin, in a half disenderin kursinya plus posisi duduk tegak. Belinya di Mothercare dengan price yang agak lumayan untuk stroller brand ini sekitar 8 juta rupiah. Dan kepakenya emang sih agak lumayan lama, sekitar 6 bulanan. Awal liat ada temen2 yang pake. Kok kayaknyaa oke modelnya, dia bisa facing into mom. Kepikiran dan sempet searching another stroller yang bisa facing mom. Pilihannya waktu itu ada si Nuna juga. Tapi pas survey si stroller Nuna ini. OMG! So, big. And I think dia bakalan lumayan makan tempat di bagasi mobil, plus agak berat. Even sebetulnya modelnya aku suka, tapi it's too big. Terus back to Mamas Papas ternyata sizingnya medium dan ga terlalu makan tempat juga di bagasi mobil. Akhirnya memantapkanlah hati ini, dibelilah si Mamas Papas, selain dari referensi temen-temen yang pake dan liat beberapa new parent-pun using this stroller - terutama untuk newborn dia pas banget, bahasanya sih “ampeug”. Untuk performance-nya juga lumayan, buat jalan yang agak gradakan alias bebatuan dan gelombang masih oke. Dan di mall pun jangan ditanya, okelah.

First time baby born! Bima pake Mamas Papas, dan hanya bertahan sampe dia baru usia 2 bulan dikarenakan berat cuuyy! While Bima pada saat usia masih tergolong baby itu sering juga travelling. So, akhirnyaa dijual karena too heavy even for everyday used, then changing too Bugaboo Bee5 dan sampe sekarang masih bertahan karena it's better, lebih ringan cumaaa dia ga travelling friendly, apalagi suka bepergian pake airplane. Tapi Bugaboo for everyday used if you always going with your baby goes to mall or everywhere helping banget karena si basket strollernya untuk keep belanjaan it's more bigger. Dan Bugaboo bisa kita gonta ganti si canopy and alas chairnya. The last baruuu banget beli si Babyzen Yoyo atas rachun rachun buibuk.

Membahas tentang Mamas Papas dulu yiaahh!

Stroller ini bulk bentuknya. Dia kokoh, ga ringkih, bentuknya bold semi classic. For baby newborn it's good, tapi dia too heavy for us if we going alone by our self. Let say paling sederhana ke Mall. Pasti kita bawa stroller and put the stroller in the car, stroller ini agak sedikit memakan tempat di Bagasi mobil. Apalagi kalo mobilnya sedan mini, even dilipatpun tetap memakan tempat di bagasi. I'm using Jeep and that's much makan tempat juga, segitu luasnya bagasi mobil Jeep. Mamas Papas ini kokoh banget. Tahan lama dengan roda stroller yang stabil. For shopping basket-nya juga cukup spacious. Jadi klo kita sambil shopping bisa muat banyak beside we can fill with diapers bag.. Dan alas kursinya juga mayan empuk, untuk position duduknya so far terlihat nyaman, tapi utk posisi tidur too flat, so kita harus bawa bantal kecil kemanapun, kalo-kalo anak lelah ketiduran pas kita lagi jalan-jalan. Rem stroller pakem which is good dan penggunaannya easier ga terlalu keras untuk nginjek rem stroller-nya. The price it's pricey. Dulu beli bekisaran 8.500.000. Maybe karena bahan dari strollernya yg terbuat dari besi. Rangkanya juga ga ribet, handle grip  juga nyaman dan gampang banget untuk diatur.

Then sebetulnya, pas mo beli Mamas Papas ini si SPG-nya sempet sih nawarin Stroller lain dari brand Bugaboo. Dengan berbagai jenis model, ada Bugaboo Donkey, Bugaboo Cameleon, Bugaboo Fox dan Bugaboo Bee5. Cuma waktu itu belom kepikiran samasekali untuk beli si Bugaboo ini, karena model stroller yang menurut aku diperuntukan untuk baby diatas 6 bulan dan dalaman si stroller sendiri ga rata kaya si Mamas Papas - karena they offered me the Bugaboo Bee5 series. Ada sih yang memang diperuntukan untuk baby newborn but the price it’s OMG! Dan Typenya Bugaboo yg diperuntukan newborn ini, it’s too big same like Nuna, even the model it’s beautiful. Tapi tetep kegedean and I like something simple but also look luxury.  The reason why I buy Mamas Papas pada waktu itu karena aku kadang suka males ke nursery room. Belom kalo ngantri dan nursery room disini, sometimes not clean. Meanwhile kulit baby kan masih sensitif banget yaa takut ajah sih kena something kan pe er banget yaa. Kasian aja kalo sampe harus ruam kulit-nya and I’m working mama anyway so I should bring my son with me wherever I go and do some meeting. 


Kursinya bisa 2 side : menghadap ke ibu (arah kita) or straight kedepan, even pengaturannya aga ribet harus bongkar pasang, tapi si Mamas Papas ini bener bener kuat banget, disegala medan. At mall udah pasti strictly lancar jaya, dijalanan dia ga goyang, di jalanan berrumput dia oke, jalanan berlobang pun dia lebih jegreg sreg lah istilahnya : no goyang goyang club. So this Mamas Papas it's worth to buy too, if you like the classic one stroller style. Ohyah Mamas Papas ada safety grip juga dikursi baby - ini sih yang jadi juaranya. Jadi kalo newborn lebih aman lah, untuk penggunaan seat beltnya memang aga lebih ribet karena dia punya 4 clip kunci safety seat belt.

Disegala cuaca dia yeah quite enough good! Even kalo terlalu sering kena panas. Warna biru navy dari kain-nya aga sedikit memudar dan dia tahan panas / dingin. So our kids still feel comfort disegala medan cuaca. Ga kepanasan lah bebbb.
For me pake si Mamas Papas stroller ini cocok untuk baby newborn sampai dengan usia anak 6 bulan. Mamas Papas ini jarang accsesoris-nya di Indonesia, untuk fabric-nya pun ga bisa kita gonta-ganti sesuai dengan keinginan kita. Tapi dia punya insert pad yang dijual terpisah, biasanya banyak dijual di marketplace.
Here’s the link video dari oficial Youtube Mamas Papas. Too bad, dia ada tas bawaan dari strollernya. Sehingga kita harus ringkit-ringkit bawa tas baby hehehe.


Dan akupun akhirnya keracunan lagi buat beli stroller lainnya. Belilah Bugaboo Bee5 dengan type model yang sederhana. 

Next journey per stroller-an : finally beli juga si Bugaboo, waktu itu beli diusia Bima  4 bulanan. Kenapa Bugaboo: pilihannya karena dia lebih ringan daann at that time : I was searching stroller yang memang lebih ringan, tapi tetep kokoh dan nyaman juga harus tahan lama dong yah. Pilihannya akhirnya jatuh ke Bugaboo. Referensinya sih liat beberapa temen pake Bugaboo, nontonin yutub juga hahahha and also look at some media social review. Terlihat good looking ( not too fancy, yet stylish) and waktu itu udah pernah coba juga dipakein ke anak and he looks more comfortable - karena di usia 4 bulan Bima pada saat itu, dia udah bs duduk tegak). Disamping itu, terpenting medan perjalanan kita dan anak itu juga one of the reason to have something like Bugaboo stroller. Waktu itu beli sekitar 10juta or 15juta (Lupa, tapi memang harganya segitu MAHAL NYAH). Emang too pricey but this is worth to buy. Rem pakem yang lebih maksimal, canopy dan seat yang bisa kita gonta ganti sesuai dengan keinginan kita, very friendly handling. Shopping basket stroller yang mampu menampung banyak belanjaan. Handle yang bisa disesuaikan dengan panjang tangan / tinggi kita. 2 face seater : bisa di bolak balik juga menghadap-nya. Bahan dari canopy dan seatnyaa yang easy friendly washing too.

Ternyata si BugaBoo Bee5 dia lebih slighty lighter alias ringan dan easy to use, dibanding Mamas Papas. Actually, bagi yang sering banget aktivitas keluar rumah dan memang punya budget lebih untuk beli perlengkapan anak ini; Bugaboo Bee5 it’s one the investment. Bugaboo Bee5 ini dia beneran kokoh banget dan the good news, sekarang banyak kok di marketplace yang jual second dengan harga reasonable. Not too pricey as the new one, but yah balik lagi disesuaikan dengan per-budget-an yaa. For your information make sure kalo barang preloved ini it’s really good condition yaa and trusted seller. Another review about Bugaboo Bee5; anak ga akan kegerahan karena si bahan kain untuk seat plus canopynya bener bener berbahan kain yang very comfortable. Washable juga klo ketumpahan atau kecipratan kuah kuah. - tinggal lap sementara. Aksesoris dari Bugaboo ini pun banyak banget. Yang bikin happy emaknya sih karena rangkanya kita bisa choose sesuai dengan keinginan kita. I choose black : yess favorit banget sama warna black.



For me Bugaboo Bee5 bisa banget kok dipake dari baby newborn sampai dengan usia balita - karena kekokohan dan kuatnya juga handling set dari chairnya. Kalo untuk baby newborn kita harus beli secara terpisah untuk set baby newborn-nya. Spacious space for baby newborn and safety banget. 

Enaknya si Bugaboo ini luas banget chair-nya. Which is kalo anak tidur, dia lebih nyaman. Berasa terlihat lebih empuk juga.

Brand Bugaboo juga memiliki banyak aksesoris cantik lainnya. Kalo aku sih cuma punya bag organizer yang fungsinya bisa bawa kebutuhan kita juga. Karena bawaannya sendiri dia ga ada kantong tas-nya.












Dan aksesoris ini yang menurut aku kepake banget. The price of this Bag Organizer around Rp. 750.000,- bahannya bagus dan kuat. Waterproof and muat untuk kita bisa bawa 4 popok, 2 baju ganti, 1 botol susu, dompet and handphone.
Kompartemen dari bag organizer ini mayan banyak. Jadi harga segitu ga akan rugi sih. Bagi yang gasuka bawa diaper bag yang besar-besar; pilihan bag organizer ini cukup kok untuk kita gunakan.









Here’s the link about Bugaboo Bee5 stroller from their official Youtube



The last one : Babyzen Yoyo
Then, seiring dengan perkembangan anak dan kebutuhan juga sih, karena kita termasuk keluarga yang sering traveling atau harus dinas keluar kota. Finally, nabung-nabung beli juga si stroller dari Babyzen Yoyo+.
Inipun dengan segala pertimbangan mengingat harga yang ga murah juga. This stroller pricey; aku beli Rp 8.000.000 kalo ga salah. Nyoba dulu pake punya temen, karena jujur udah comfort banget pake si Bugaboo Bee5. Karena beneran senyaman itu, sekokoh itu dan se-aman itu. Tapi.. si Bugaboo ini ga travel friendly. Terkecuali pake strollernya just around the city yaa. 
Ditimbang-timbang; mikir lagi. Akhirnya belilah si Babyzen Yoyo ini karena kebetulan banget harus dinas keluar Pulau Jawa dan harus bawa peralatan baby lengkap karena dinasnya mayan lama (about 3 month). Plus anaknya udah suka lari-lari kalo nge-mall / jalan-jalan. Supaya stay longer; kunciannya yaa harus bawa stroller yang ringkas dan ringan. In my case : I’m not using suster / helper. Jadi yaa mamak harus bisa sendiri hehehe.
And yess! Babyzen Yoyo to the rescue, stroller ini ternyata sekece itu: ringan banget, folding stroller-nya kalo dilipet ga makan banyak tempat, really cabin and travel friendly. Plus kita ga akan repot bawa stroller saat harus check-in dengan gendong anak di airport. Selama 3 bulan kemarin pake stroller ini, and yess! I am a happy mama!!!  Pake stroller ini tuh kita sebagai emak-emak berasa “mandiri” banget. Kalopun kita pergi cuma ber2 sama anak tanpa didampingi pun, ga repot karena very really easy. For the shopping bag dari Babyzen Yoyo ini, capacity-nya cukup besar juga sama kaya si BugaBoo Bee5. Dari performance-nya si Yoyo ini cukup stabil, ga oleng lah bahasanya - even dia adalah lite stroller; rem-nya juga pakem. Tapi tetep karena dia agak ringan, jangan terlalu banyak membawa belanjaan yang digantung karena stroller ini ringan; in my case kemarin mo jomplang (mungkin sih bisa jadi karena strollernya ga ditambah beban si anak yang duduk di stroller). So, you don’t have to worry about this stroller. Memang kok keliatannya kecil dan ringkih but at the end; after aku ngerasain sendiri pake stroller ini, this one it’s worth by the price and the function. (and now this stroller it’s my is a must stroller for going anywhere). 


For me : my opinion about this lite stroller : udah pasti karena dia travel friendly dan maybe yaa karena anak udah umur 2 tahun juga jadi stroller ini pas banget; mengingat kalo jalan ke mall ga bisa diem anaknya butuh sesuatu yang ringkes dan ga heavy Babyzen Yoyo it’s definetly to the rescue banget. The function bisa digunakan start from newborn to toddler. Kalo untuk newborn Babyzen ada paket sih dia jual nest box for newborn terus kalo anak udah mulai grow up from infant to toddler bisa changing ke chair-nya dan harga sepaket yang udah dapet nest box plus chairnya sekitar Rp. 12.000.000,-. Sayangnya si Babyzen Yoyo ini ga ada option dudukannya facing with us. Ga bisa dirubah menghadap ke kita. Udah pakem ajah gtu menghadap keluar. Warna-warna nya pun cantik-cantik kece; natural earth tone. Ga norak. Kalo aku sih udah pasti pilih 3 warna dasar heheheh : coklat, hitam & abu-abu. Yang baru aku punya warna grey-nya. Hihihi, yaa kalo ada rejeki beli lagi another favorit color. Cuma inceran sih warna coklat look’s good.


The goodside effect of this Babyzen Yoyo stroller it’s dia punya tas bawaan sendiri. Jadi kita bisa taro beberapa barang kebutuhan anak ataupun kita, kaya pampers, air minum dibotol atau box cemilan anak even dompet atau handphone. Muatnya juga banyak. Jadi simple banget kan. 


For the aksesoris, Babyzen Yoyo menjual secara terpisah juga. Aku skrg lagi ngeceng banget tas-nya. Biar bisa bawa belanjaan lebih banyak / bawa kebutuhan lainnya. Dan sepertinya bag-nya bakalan muaat banget belanjaan kita. Secara mulai sekarang kita harus banyak mengurangi sampah plastik, or bag ini fungsionalnya bisa kita gunakan juga bawa kebutuhan anak pas kita lagi jalan yaakan?















Here’s the link Babyzen Yoyo from the official Youtube :



Oke setelah me-review ini, jadi kebayangkan which one do you want to have it for you to have it and to use it. Jadi taukan kalo memang pengen banget punya 3 brand stroller diatas perlu spending money berapa beli stroller dengan 3 brand ini yah. Dan jadi tau juga sebagus, sefungsional apa si stroller mahal-mahal ini hehheehe. Beli disesuaikan dengan kebutuhan, okeey gaeess. Jujur ajah; setelah mencoba ke-3 brand ini. Ternyata yang memang paling pas banget untuk aku pake adalah dengan si brand Babyzen Yoyo, why? Karena kita keluarga yang punya hobby traveling, selalu senang jalan-jalan, sering dinas keluar kota menggunakan transportasi udara. Yang dimana si stroller ini lebih sangat berfungsi. Dari segi model-nya pun stroller ini look stylish and modern.

Kalopun ada yang harganya in the middle or less than this, coba “dipetik/dirangkum” dari review ini ajah. Which is cari yang fungsional-nya sama; contoh kaya Babyzen Yoyo yang langsung memiliki kantung tas bawa-an. I think banyak juga yang sama dengan harga jauh dibawah harga stroller-stroller ini. So, you don’t have to worry if you always have to bring many things while you should take your babies go with you. Meringankan bawaan Ibu jugakan. Dibanding harus bawa banyak banget printilan tas anak hehehe. I just share pengalaman aku selama baru 2 tahun ini tentang which one good. 

Kalo mo investment, siapa tau yah nantinya bagi pasangan baru yang lagi / baru ajah punya baby terus have a plan for having the other kids. Pilihannya menurut aku ada di 2 optional; Bugaboo Bee and Babyzen Yoyo (back then if you had an budget for this stroller). Karena kekuatan ke-2 stroller ini beneran tangguh hahahaha.
Harganya 2-2nya juga ga jauh beda kan. Balik lagi lagi ke fungsional, “selera” dan lebih worth it yang mana. Even pun one day mau dijual preloved. Brand ini masih dapat harga yang tinggi juga. One of the best investment jugakan?

Thank you for reading buibuk, pakbapak semua. Semoga bermanfaat yaahh yaahh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar