31 Maret 2020

Mommies Lyfe : Cloth Diaper Journey

Tulisan ini akhirnya beres juga; edit tulis lagi, baca lagi; mereview lagi, semua akibat dari  social distancing dan self quarantine (ambil sisi positif-nya jadi bisa sharing ini itu hehehe): yang buat aku finally melakukan keputusan  besar dengan merubah habit: adalah beberapa bulan lalu itu sebetulnya menimbang nimbang (mikirin terus) tentang menggunakan cloth diaper (popok kain modern) sebagai pengganti pospak (yaa memang pospak lebih efisien),  (terjawab sudah pertanyaanku selama ini sebetulnya sebagai emak-emak, kenapa pospak bikin kulit anak aku jadi suka ruam dan selalu ada residu seperti butiran kapas, beside that  mengganti pospak menjadi popok kain adalah salahsatu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan karena dapat membantu mengurangi sampah pospak. Dimana sampah pospak ini ternyata sebagai salahsatu sampah terbanyak di dunia - thank God: Papah Mertua ternyata lebih setuju aku pakein anak cloth diaper juga), karena sekarang sudah mengganti menjadi menggunakan cloth diaper (popok kain) ternyata sisi positifnya sangat-sangat membantu banget melatih anak do their potty training. Ditambah lagi mengingat saat ini pospak jadi susah - utk size Bima anakku (akupun mo beli onlen takut) dan entah kenapa jadi tiba-tiba brand  pospak anak-ku cepat menghilang dipasaran. Ditambah anaknya ga bisa ganti brand pospak (sudah dicoba beberapa kali ganti merk malah jadi makin ruam - anaknyaa kulitnya sensitif shaayy hmmm). Akhirnya searching-searching, finally found the answer pilihannya jatuh kepada cloth diaper to the rescue. Dengan berbagai macam pertimbangan beberapa bulan lalu, jujur tau Cloth Diaper awal dari Wulan Russell (she’s the one who introduce me to cloth diaper) following her, read her review and watch her youtube too, lalu berkenalanlah di Instagram dengan Aghistata yang juga pencinta clodi dari merekalah aku finally berani untuk merubah pola hidup menjadi lebih baik, pengetahuan seputar clodi ini mulai dari baca, nonton-in yutub seluruh emak-emak yang pake clodi sampe ngobrol dengan beberapa temen2 per-emak emak-an yang anaknya pada pake cloth diaper juga. 

Pro dan kontra setelah mengganti ke clodi itu jujur ada banget, memang sih kalo pake pospak lebih efisien dan ringkes banget, tinggal buang doang: apalagi kalo lagi traveling ga repot banget (aku ngerasain kok for 2 years se-efisien itu plus ngerasain juga bolak balik anak kena ruam popok, pdhl sering ganti popok anak setiap 2 s/s 3 jam) dan kemudian yang makin membuat semakin yakin karena diperkuat judulnya dengan kondisi seperti saat ini ada baiknyaa yaa better changing our life with a better lifestyle (jauh jauh hari sebelumnyaa sudah kepikiran dan berniat beli cloth diaper, walau awalnya tergoda karena warna-warnanya yang lucu dan mungkin ini memang adalah saat yang tepat untuk mengganti). Selain pilihan mengganti dengan poin-poin diatas, poin yang penting dari ini adalah lebih baik saving money for more important things untuk anak, mengingat kembali lagi: Kondisi per-ekonomian yang saat ini jadi menurun, mungkin butuh waktu recovery yang entah sampai berapa lama & kita ga tau sampe kapan bakalan recovery-nya. Jadi yaa inilah langkah-langkah kita sebagai ibu rumah tangga harus muter otak gimana caranya setiap bulannya lebih berhemat.



So I choose to change dari hal yang sederhana dulu dengan keseharian kita sebagai ibu-ibu. Mengganti kebutuhan anak dengan yang lebih aman, baik untuk anak maupun kita sebagai orangtuanya. Dan ternyata ga serumit itu kok. Cuma cuci terus keringin jemur. Demi anak. FYI : I don’t have a special helper like a nanny for my son. Engga ada. I’m doing all by myself! Include cuci baju anak pun aku sendiri. Ada helper tapi tugasnya cuma buat bantu setrika, beres beres kamar, cuci baju bapak dan emaknye ajah.






Disaat decide to change, setelah menjalankan ternyata ga serepot yang dipikirkan : poin-nya memang dari kita yang harus rajin atur jadwal cuci cuci ajah plus niat. Toh at the end our kids bakalan changing their habit jugakan, nantinya mereka ga bakalan using a diapers anymore. Semenjak dini kita kenalin sama celana dalam kain. Kita juga as a parent bakalan do their potty training juga bukan? Selama masa itulah baiknyaa sejak dini (tak ada kata terlambat judulnya) mari kita kenalan sama si cloth diaper ini, popok modern hehehehe.



Since two week ago I’m changing his habit from using pospak to using cloth diaper. In this part, how to started; beli dulu ga banyak, memperkenalkan dulu ke anak then kita sebagai orangtua harus tau frekuensi anak buang air kecil dan buang air besar-nya, part yang penting saat anak sudah memiliki waktu saat dia BAB (umur anak aku sudah 2 tahun). Contoh nih anakku paling lama sih biasanya 1 jam setelah dia bangun tidur, dia bakalan pup or 1 jam setelah sarapan dia bakalan pup, kita liat and try to training them. 
Pertanyaannya: And so, how many cloth diaper do you need it? 
The answer : It’s depend on the pee frequency of your kids or their pup and depend on how old your kids too. But mostly banyaknyaa kebutuhan cloth diaper setelah berhitung hari dan “jam kerja” dari frequency pee or pup anak, dibutuhkan sekitar sedikitnya 12pcs sampai dengan 15pcs paling sedikit dan quiet enough with 21pcs clodi. 
21 pcs clodi; peruntukan untuk bayi usia newborn sampai dengan 12 bulan
12 pcs / 15 pcs clodi; peruntukan untuk usia 12 bulan keatas.

Kita ambil banyak-nya clodi yang aku punya yaa, sejumlah 15 pcs clodi di awal pemakaian.
Kenapa 15? Example : Anak aku ganti pospak biasanya paling sedikit 3x dengan durasi ganti pospak adalah 3 jam sd 4 jam, habit dia seperti biasa pake pospak aku ganti ke clodi. (4 jam itu udah paling lama yaa buibuk, durasi 4 jam yang sudah aku alami: clodi bakalan full, berat dan terasa lembab). 15 clodi bisa untuk 5 hari. 
Dan kenapa 21? 21 pcs clodi jumlah kebutuhannya sesuai dengan pemakaian untuk dipake selama seminggu. So, clodi yang lainnya bakalan ada “time to rest”.
Yang 15 hari juga bisa ada “time to rest” tapi mepet banget. Sekitar 1 hari jeda antara clodi yang baru kita cuci.
I’ve tested! Seminggu pertama pake clodi. Awalnya aku cuma beli 3 clodi (karena mau coba dulu, cocok ga nih? Ribet ga nih? Yang paling penting anaknya mau / ngerasa ga terganggu dengan penggantian popoknya dia). Untungnya si Mbim aman terkendali, ga rewel pas diganti popoknya dan jujur ajah dia terlihat lebih nyaman menggunakan clodi, di hari pertama pemakaian menghitung berapa kali frekuensi anak pipis + pup. Dapet deh rumusannya di hari ke-3. 
And then, finally fix langsung beli lagi di hari ke 3 : 5 pcs clodi (niat banget aku tuh order beli brand cloth diaper dari brand luar: terus langsung nyoba brand dari luar - sebelum beli udah baca-baca dulu review-nya karena harganya yang ga murah - budget pampers anak di next month sudah aku keluarin yang artinya memang fix akan mengganti ke popok kain). Total diminggu pertama aku punya 8 pcs clodi. 8 pcs itu hanya untuk 2 hari. Even ada sisa 2 pcs clodi (sisa 2 pcs ini bisa kita pake besok-nya kok walau mepet banget dengan jadwal cuci mencuci baju emak). Sisanya yaa kebut kebutan nyuci hehehehe alias udah kotor bekas pake langsung cuci jemur tunggu kering terus pake lagi. Tapi it’s okay never mind, we called learning by doing. Ngakalin-nya supaya bisa aman waktunya, diawal pemakaian jujur ajah pas kemaren malam hari pertama, malam hari ke-2 dan masuk malam ke-3 (sembari ngabisin pospak), pas jam anak tidur malam, aku masih pakein dia pospak. Jadi setelah nyuci clodi kloter 2 besoknya kloter cucian ke 1 biasanya udah kering langsung pake lagi gitu heheheh. Pas di hari ke-7 pemakaian clodi sudah full (no changing back to pospak), yeay finally aku bisa ngelepasin dari pospak hehehe happy banget. Udah nemu kunciannya soalnya: cuci clodi setiap 2 hari sekali barengan sama cuci baju anak (biasanya kalo jadwal baju anak 4 hari sekali). 

About brand
Goes to the brand! Some of people maybe belum banyak yang tau brand apa yang bagus untuk clodi / cloth diaper baik local maupun import. Akupun baru belajar juga. But here’s one of the cloth diaper brand that I know so far and had a good quality : ada Rumparooz, Best Bottom, Nora’s Nursery, Bum Genius, Grovia, Petit Crown, BabyKicks etc. yang baru aku coba ada 4 brand : Bebiso,Baby Grow, Rumparooz, Best Bottom dan Babykicks 
(All the best brand, ga ada di Indo - mo beli tunggu dollar stabil yiiaahh yiaaahhh dan ga ada bermasalah dengan shipping to Indo)
Dari masing-masing brand ini aku beli yang type pocket diaper. Jadi bentuk si popok celana ini dalamannya atau istilahnya “Insert”-nya dari si popok ini tinggal kita masukin kedalam kantong popok itu. Insert itu adalah dalaman dari si popok yang bentuknyaa menyerupai handuk dengan bahan microfiber yang aku punya (handuk microfiber ini menyerap dan menahan cairan pipis anak). Type pocket diaper ini ada di 3 brand yang aku punya : Rumparooz by Kangacare, Bebiso & Baby Grow.
Another type of clodi, aku sengaja beli si brand Best Bottom Cloth Diaper, karena dia bukan type pocket diaper tapi type-nya adalah snap insert diaper; snap itu popok celana yang daleman insert-nya sistemnya pake kancing snap. Jadi bahasa aku mah begini. Kalo pocket ada kantungnya jadi si insert popok masuk ke cover celana popok dan be one part of the cover diaper alias jadi satu dengan celana-nya, nah si brand Best Bottom ini kalo dirasa popok sudah penuh; kita tinggal copot si insertnya dari cover celana popok kain-nya dan mengganti dengan insert yang baru tanpa kita harus mengganti cover diaper-nya. 
Kalo yang pocket; pas pipis anak sudah banyak. Kita ganti popoknya harus sama si cover-nya juga diganti. Karena si insert (dalaman popok) masuk kedalam jadi satu dengan cover popok-nya jadi modelnya all-in-one ; yaa seperti itulah penjelasannya. 

First time buying aku beli clodi dengan brand : Bebiso, Bebiso ini kayaknya produk lokal yaa and the price it’s not too pricey kinda Rp. 91.000 sudah free include insert-nya dapet 1 pcs. Bahannya oke ; dry fast kecuali insert-nya pas kondisi kayak sekarang hujan dan matahari aga jarang jadi aku ngakalin dengan dikeringin di mesin cuci terus jemur didalam kamar mandi, waktu pengeringannya sampe bener-bener kering yaa 1 malam lah (that’s why I told you to brought min 15 clodi). Clodi dari Bebiso ini sepertinya rata-rata bermotif, dengan warna warna yang masih aga ngejreng, tapi ga too much. Too bad dia gampang bocor samping karena daleman-nya ga ada double inner gusset; (gusset itu semacam penahan samping double layer daleman celana anak yg bisa menahan pee & pup anak). Pemakaiannya udah aku test hanya bertahan 2 jam padahal innernya microfiber. For the sizing, Bebiso sizenya pas kok untuk anak seusia Bima. Karet clodi-nya juga ga bikin merah dan ga bikin nyeplak. 

BabyGrow, inipun produk lokal juga mungkin yaa. Baby Grow ini pun bahannya bagus dry fast. Insertnya ini lumayan cepet kering dibanding Bebiso. This brand more cheaper than Bebiso; around Rp. 70.000 or Rp. 80.000 plus free insertnya 2 pcs - seneng kan jadi kita cukup beli insert tambahan ajah. Motifnya yang aku pilih kebetulan motif standar anak laki-laki banget. Lucu sih dengan model clodi snap 2 tone color. Dan dia ternyata sama kayak Bebiso, bocor samping karena cover clodinya ga ada double inner gusset-nya jadi yah bocor samping juga. Ketahanannya sama kayak Bebiso 2 jam only dan untuk sizingnya oke, pas buat anak seukuran Bima. Karet clodinya juga bagus ga bikin merah ataupun nyeplak.

Woo yaah, akupun beli insert tambahan brand-nya George, sepertinyaa brand George ini adalah insert brand dari lokal, type insertnya dari bahan microfiber juga tapi dia bener-bener very dry fast. You know what insert ini sumpah bagusss banget! Dry fast - pake banget. Abis aku cuci terus dikeringin di mesin cuci terus aku jemur, 1 jam kemudian keringlaahhh! Padahal aku jemurnya di angin-angin didalam kamar mandi. Ajib kaan hahahahaha. Harganyaa sekitar Rp. 50.000-an sudah dapet insert clodi 2 pcs. 
Plus kmrn beli juga aksesoris untuk insertnya dari brand lipop. Apalagi tuh Lipop? Jadi lipop ini sarung-nya insert clodi. Fungsinya sebetulnya untuk membantu menghalangi residu dari pup anak kita. Supaya kondisi si insertnya tetap baik tanpa kena noda cairan residu pup anak. Penggunaanya mungkin yaa I think untuk clodi series Bebiso dan Babygrow sepertinya yang harus dilengkapi dengan liner-nya dibungkus menggunakan Lipop. Karena Lipop ini bantu menyerap pipis anak dan ga bikin bocor samping.

Rumparooz Kangacare - One Size Cloth Diaper
Rumparooz by Kanga Care; ini brand dari US dan eksistensi si brand ini udah lumayan lama, setiap pembelian 1 pcs Cloth Diaper ini kita udah dapet 2 pcs free insertnya. Why Rumparooz? Setelah banyak baca blog, liat di instagram @kangacare juga dan tentunya liat review sana sini di yutub, Rumparooz banyak banget dapet good review. I choose Rumparooz yang type-nya One size cloth diaper with Diaper Pocket type. Warna solidnya juga motif-motifnya pun lucu-lucu dan ga norak, even eye catching untuk warna solidnya tapi jujur warna-nya lucu banget. Awalnya suka Rumparooz karena dia punya warna cloth diaper yang solid; 

Dan Rumparooz juga punya cloth diaper yang bermotif; the pattern look so fancy and very cute anyway what the most I like beside that, warna snap-nya (kancing-nya) senada dengan warna cover-nya. Jadi terlihat lebih exclusive. Produk Rumparooz ini agak mahal karena product dari brand luar, around Rp. 330.000 per 1 pcs tapi seharga itu kita dapet free 2 pcs insert yang spesifikasinya menggunakan snap jadi kalo insert pake snap sudah dipastikan dia bakalan stay ga akan lari-lari didalam covernya, clodi pocket ini bisa kita pake start from newborn dengan berat 2,8 kg sampai dengan 15 kg (balita) - berat 15kg itu untuk usia 3 tahun keatas pas untuk potty training juga, I think bisa menghemat kita untuk beli celana anak terutama beli per-pospak-an. Bahan dari cloth diaper ini salahsatu yang bikin aku jatuh cinta. Fabricnya anti alergi, anti ruam! Haluus banget, ga bikin lecet. Suka deh pokonyaa!

Ini dia model snap dari Rumparooz Kangacare
Performance-nya gimana nih? Terbaik! Hahahaha, mungkin karena design double inner gusset dan inner covernya juga bahan insertnya yang cepet banget menyerap so yah jangka waktu pemakaiannya pada anak pun lebih lama; it can takes 8 hour (8 jam itu pemakaian pada saat anak tidur malam, aku coba sendiri yaa. Semalaman anak tidur sengaja ga gantiin popok-nya. Bangun tidur anaknya ga ada kebocoran samasekali, plus ga ada lecet juga). For day used: ketahanannya menampung pee anak sampe 4 jam waktu standar pemakaian clodi, ga ada bocor samping, inner cover clodi tetep kering. Waktu anak pup-pun ga meleber keluar kemana-mana. Double protection with double inner gusset.  Ini sih cucok banget. Catet yah : double inner gusset itu kuncian hahahaha. This is why I choose Rumparooz karena keunggulannya menampung pee yang bisa tahan lebih lama dan anti bocor samping juga. Brand ini sekarang sebagai one of my holy grail cloth diaper and I want all the patterm to be my collection - sumpah yaa motifnya juga lucu-lucu banget. Wishlist for some item that I just can ordered by website or mungkin jastip-jastip, tapi yaa ga mungkin dalam waktu dekat ini juga beli-nya hehehe! Makanya begitu tau ada stock dibeberapa online shop & marketplace beli clodi ini langsung beli 7 pcs.

Best Bottom Diapers - Bigger Size

Best Bottom Cloth Diaper: Best Bottom Diaper ini produk dari US juga, design dari si clodi ini lebih “langsing” dibanding Rumparooz. Dengan insertnya atau dalaman popoknya pake sistem snap / kancing jadi ga akan lari-lari si insertnyaa, pemakaian insertnya bisa kita lepas saat insert sudah penuh tanpa kita harus ganti cover-nya. Protection clodi from this brand just same like Rumparooz; double inner gusset, you don’t have to worry if your kids pup. Type cloth diaper seperti ini: I think cocoknya buat dipake sama anak kalo in a whole day kita lagi jalan nge-mall atau sedang dalam perjalanan darat jauh atau lagi traveling, pilihan clodi bagi yang males ribet bawa clodi banyak-banyak cukup bawa insertnyaa ajah; 


When baby needs a diaper change snap out soiled insert and snap clean one in. Clodi type seperti si Best Bottom tinggal banyakin stock insert-nya, dengan type product seperti brand Best Bottom ini; kita cukup stock 3 pcs cover diaper (jadi sehari bisa ganti insertnya aja terkecuali kalo anak pup, yaa kita harus ganti semua), insert clodi dengan type clodi gini disesuaikan dengan kebutuhan yaa, masing-masing untuk 1 cloth diaper cover amannya harus punya 2 pcs insert clodi - perkiraan untuk anak usia 2 tahun yang Owaktu frekuensi pee-nya sudah mulai teratur jam-nya. This Best Bottom cloth diaper range price-nya it’s around Rp. 285.000,- diluar dari insert-nya. Karena insert-nya dijual terpisah dengan cover-nya. Insertnya seharga started from Rp. 75.000,- s/d Rp. 150.000,- (tergantung dari insert bahan apa yang kita mau pergunakan). Totalnya Rp. 355.000.- kita ambil dari harga yang termurah insertnya : But worth it kok. I’ve tried and tested. Insert-nya aku beli 2 type : microfiber dan bamboo; bahan microfiber daya cepat kering lebih cepat and the other one aku beli yang bahan bamboo karena claim-nya bamboo ini mampu menahan pee anak semalam-an. And I’ll try in one day I’m using the Best Bottom for the whole day; pros-nya kita jadi lebih hemat pencucian ajah sih. Karena in one day satu cover cukup untuk 3x ganti insertnya ajah kita ga usah ganti sama cover-nya clodi kayak brand Rumparooz (terkecuali kena pup yaa & kalo cover dalamnya hanya kena pee ga perlu kita ganti bisa kita lap cukup pake tissue basah). Warna-warna nya dan motif-motifnya pun okelah. Best Bottom biasanya main di 2 tone color dan ada juga beberapa motif yang sesuai sama selera aku hehehe. Warna-warna solid/polosnya cantik-cantik juga. That’s why Best Bottom jadi salahsatu brand pilihan, to be one of my choices karena clodi with a double gusset it’s a must! 

BabyKicks Cloth Diaper : Basic Diaper modelnya seperti 
diphoto ini dengan snap side

BabyKicks Cloth Diaper : yang kiri warna Kuning Premium
Cloth Diaper - yang kanan warna Biru itu yang Basic Cloth Diaper
Brand BabyKicks 
Ini brand dari US juga, pilih BabyKicks karena model snap cloth diaper-nya berbeda dengan model 4 brand sebelumnya. Snap-nya ada disamping, berbeda dengan 4 model cloth diaper yang sebelum-nya. Aku punya clodi dari brand ini dengan type yang berbeda, Premium dan Basic diaper. Yang Permium ini; yang warnanya kuning memiliki inner dengan dalaman insert pocketnya ada part in the middle yang lebih tipis tapi memiliki daya serap lebih tinggi. Plus insertnya dapet double tambahan top liner yang stay dry. And as you can see in this photo this is how it looks like. Inner gusset-nya memiliki inner gusset yang sama dengan 2 brand cloth diaper sebelumnya; inner gusset-nya ada double, jadi sudah dipastikan ga akan bocor. 


Then in the other cloth diaper from brand Babykicks yang warnanya biru ini bentuknya sama pocket diaper tapi innernya sama seperti 2 brand lainnya, dan yang basic ini ga punya double inner gusset. Although this basic cloth diaper doesn’t have an double inner gusset ketahanan dari bocor samping dan daya serapnya pun bagus banget. Maybe dari bahan liner-nya yang terbuat dari campuran mix antara micorfiber dan hemp, jadi daya serapnya lebih kuat. Brand BabyKicks ini juara dari daya serap-nya, ga perlu double liner untuk menahan daya serap pee. BabyKicks ini bahan covernya pun bagus banget, lembut karena ternyata setelah aku searching tentang brand BabyKicks ini; bahan pembuatan kain yang digunakannya adalah organic.

Nah apa ajah sih typenyaa si insert ini tuh alias dalaman alas penahan pee dan pup anak yang jadi satu didalam didalam clodi ini, this is what I have from a few website tentang bahan-bahan liner-nya : 

Bahan Microfiber
Dalam dunia clodi, bahan yang satu ini sangat familiar. Microfiber terbuat dari kombinasi antara polyester dan polyamide. Memiliki daya serap tinggi, microfiber biasanya digunakan sebagai insert clodi, bahkan untuk membuat handuk mandi. Tapi harus beware juga, karena pemakaian bahan clodi microfiber secara terus menerus (terlalu lama) akan menyebabkan kulit bagian dalam bayi menjadi kering.

Microfleece/Fleece
Jenis kain ini juga paling sering digunakan sebagai bahan inner dan liner, khususnya pada pocket diaper, cover diaper, clodi AIO/A12. kelebihan microfleece adalah mampu menyerap air hingga ke lapisan bawah secara efektif sehingga kulit bayi tetap kering dan nyaman. Bahan ini juga mudah dicuci, mudah kering, tahan noda dan stay-dry sehingga mempermudah si bayi saat buang air besar.

PUL (Polyurethane Laminate)
Bahan popok clodi yang satu ini berfungsi untuk menahan air agar tidak bocor (waterproof), dan biasanya digunakan pada lapisan luar (outer) / cover-nya. Terbuat dari campuran bahan polyester (kapas) dan katun. Meskipun hampir sama dengan plastik, PUL bersifat breathable karena memiliki sirkulasi udara. Cara merawat PUL juga ga sembarangan. Perawatan yang salah bisa membuatnya rusak, berbau, hingga bocor.
Bahan PUL memiliki tingkatan? Ini adalah salah satu jawaban dari pertanyaan di atas. Harga PUL memang cenderung mahal karena pembuatannya saja butuh biaya besar. Untuk membuktikannya, bisa bandingkan PUL clodi murah dengan yang relatif mahal. This is like what I review brand-brand cloth diaper yang aku punya yaa.

Bamboo
Tanaman bamboo juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan popok clodi. Hal ini karena bamboo memiliki banyak kelebihan, diantaranya sejuk untuk pemakaian di cuaca panas, breathable, lembut, daya serap extra, bersifat anti-bakteria dan ramah lingkungan. Hal ini menjadikan harga clodi dengan bahan bamboo cenderung lebih mahal. But if you buy clodi dengan bahan bamboo, make sure mencucinya 5 – 6 kali dulu sebelum digunakan.

Hemp
Selain bamboo, ternyata tanaman ini juga digunakan sebagai bahan clodi. Kelebihannya lebih tahan lama, daya serap tinggi, anti bakteri serta tetap aman dan lembut walaupun digunakan terus menerus. Sama seperti bamboo, cloth diaper dengan bahan hemp harus dicuci terlebih dulu untuk menghilangkan natural oils yang ada didalamnya.

Wool
Udah ga asing lagi dengan wool kan? Bahan yang terbuat dari bulu domba ini banyak dipakai untuk pembuatan clodi cover atau soaker. Bahan wool itu ga perlu repot harus sering cuci popok kain bayi ini karena bahan wool dapat digunakan berulang kali tanpa dicuci. Cocok juga untuk pemakaian di segala cuaca. Harganyaa buibuk? Lebih mahal karena bahan ini sulit ditemukan di Indonesia.

Minky
Minky sudah dikenal lama dan banyak digunakan sebagai bahan dasar baju anak dan bayi, dan kini menjadi lapisan terluar clodi. Kain minky terbuat dari bahan dasar microfiber dengan tekstur halus, lembut juga sangat fleksibel.

Cloth Diaper Care : Cara pencucian-nya :
Sudah pasti pada saat barang datang pertama kali kita cuci dong. Beberapa cara pencucian clodi aku baca dan liat dari video di yutub. Even maybe sudah banyak yang mengulas Tapi gpp yah kita ulas ajah pake bahasa aku yang semoga mudah dicerna heheeheh
Mencuci Cloth Diaper Pre-Wash:
Pertama pisahin antara cover diaper dan insert diaper di 2 ember berbeda.
Cuci dengan air panas (air hangat-lah), kucek bentar. Lalu rendam di air hangat; no detergen
Diemin sampe 2 jam dengan rendaman detergen
Bilas kembali dengan air hangat
Bilas ke-2 kalinya lagi pake air dingin

Lalu baru kita melakukan pencucian seperti biasa, tapi kalo aku sih. Setelah pre-wash langsung cuci dengan detergen cair yang di campur dengan air hangat. Rendam lagi 4 jam. Kemudian setelah rendam 4 jam. Kucek clodi-nya, rendam 5 menit di air hangat dan bilas pake air dingin. Nah, kemarin cuci clodi hanya mencuci dengan menggunakan baking soda mix with Lemon essentials oil; cara mencuci ini sebenernya yang paling efektif karena beneran bisa ngilangin bau pesing dan noda residu pup anak. Lemon essentials oil-nya kita tetes di yang kena noda kemudian kucek bilas dan rendam di ember yang sudah diisi dengan baking soda dan Lemon essentials oil. Noda residu pup lenyap dan ga bau pesing.
Disclaimer: menggunakan Lemon essentials oil adalah option yaa, kalian bisa menggunakan sabun mandi baby untuk bantu ngilangin noda kekuningannya. Atau bisa juga menggunakan perasan jeruk Lemon sebagai pengghilang bau pesing pee yang nempel di insert dan inner cover diaper.

Dryer atau pengeringan:
Cara pengeringannya, karena masih kondisi baru; clodi cukup diremas-remas terus langsung jemur. 1 hari biasanya kering. Dan kalo mau cepet keringnya, bisa dimasukin ke pengeringan mesin cuci kemudian dijemur / diangin-angin.
Terus gimana kalo clodi yang abis dipake bersihin dari pee dan pup gimana?
Kalo udah pake clodi, terus si clodi ini basah karena kena pipis anak, cara bersihin dan cucinya adalah 

Kalo ada yang belom tau, apa sih wet bag?
Penampakannya seperti ini, fungsionalnya 
banyak

salahsatunya bisa untuk menyimpan clodi kotor
yang sudah digunakan anak, apabila 
kita sedang berpergian / you can hangin 
at your bathroom



In this photo adalah wetbag cloth diaper from 

brand Kangacare
Step 1 : Caranya : cuci clodi bekas pipis anak sampe residu pipisnya hilang kemudian bilas lagi dan peras, simpan di laundry bucket untuk in the next day waktunya jadwal kita mencuci clodi. 

Penyimpanan cloth diaper basah
Setelah kotoran dibersihkan/dibilas, ada 2 (dua) metode untuk penyimpanan clodi basah (setelah dibersihkan, sebelum dicuci).
Metode basah (wet pail) / merendam
Setelah kotorannya dibersihkan/dibilas, clodi direndam dengan air di dalam ember, tanpa deterjen. Boleh ditambahkan sedikit soda kue (baking soda).
Soda kue cukup ampuh untuk mengangkat noda membandel dan juga menghilangkan bau tidak sedap.
Kalo pencucian clodi setelah anak pup gimana? : semprot pake jet wash toilet, kucek kasih sabun detergen / sabun mandi baby dan bilas. Kemudian rendam pake air hangat tanpa detergen sekitar 15 menit, terus kucek lagi dan bilas dengan air dingin - baru setelah itu diperas kita simpan dulu di laundry bucket kita (bisa diember atau bisa juga di wetbag), disimpan sampe waktunya jadwal kita cuci clodi, misal contohnya total clodi kotor yang sudah terpakai di hari Senin dan Selasa, then hari Rabu adalah jadwal kita cuci clodi-nya, begitu sterusnya diseling 2 hari. Rendaman untuk cuci clodi bisa menggunakan baking soda (baking soda itu bantu banget ngilangin noda dan bau di clodi) plus aman untuk bahan clodi sendiri.
Disclaimer : do not bleach artinya jangan menggunakan pemutih dan jangan menggunakan pelembut pakaian karena bisa ngerusak bahan dari insert dan cover diaper-nya.

Terus detergen apa yang bagus :
Aku pake 2 produk detergen untuk mencuci clodi : Pureco dan Anzav (Anzav detergen tau dari Mba Aghistata). Mana yang bagus? Ke-2 Brand ini yang aku tulis bagus semua. Ke-2 nya mampu mengangkat residu pee dan pup, lembut ditangan (karena aku cuci clodi pake tangan). Dan setelahnya ga bikin apek clodi. 
Untuk Pureco produk detergen ini bentuk-nya liquid detergen: cara penggunaannya cukup tuang 1/2 tutup botol dicampur ke air di ember dan takaran 1/2 tutup botol itu udah bisa ngebersihin sisa-sisa residu pee atau pup di clodi.
Note : 1/2 tutup botol liquid detergen itu cukup untuk mencuci 4 clodi plus insertnya.
Dan kalo untuk Anzav dia bentuknya serbuk; cara penggunaanya untuk mencuci bersih 4 clodi kotor takarannya : 1/2 scoop sendok cukup banget. 
Ke-2 detergen ini cara pakenya yaa seperti biasa kita cuci pakaian yaa. Kalo aku sih selalu isi air diember terus masukin detergennya: kemudian clodi kotor kita cuci deh dikucek-kucek sedikit dan rendam selama 1 jam. 

Pureco; aku selalu beli yang ukuran 900ml (1 liter kurang) : seukuran 900ml ini seharga Rp. 65.000,-. Wanginya harum bunga Lavender tapi lebih soft. Isi 900ml ini rasanya cukup untuk 3 bulan karena pemakaiannya hanya untuk mencuci cloth diaper aja. Biasanya untuk Pureco ini aku pake pas mencuci clodi kotor sebelum waktunya dicuci. Jadi dipergunakan untuk mencuci clodi bekas pup anak kemudian untuk rendaman clodi kotor (rendaman sekitar 1/2 jam), baru abis itu dimasukin ke wetbag atau ke ember khusus penyimpanan clodi kotor.
Nah untuk si Anzav detergen; aku pake untuk mencuci cloth diaper.
Anzav; bandrol harganya macem-macem. Aku sih selalu beli di marketplace; range harganya dari mulai Rp. 19.000,- sd Rp. 25.000,- (tergantung toko-nya) isinya 500gram. 1 sendok cukup untuk 4 kg cucian. No parfume, jadi ga ada wangi sama sekali. Tapi hasilnya  asli bagus banget. Setelah dicuci dan kita jemur terus kering, sama sekali ga ninggalin bekas residu atau bau samasekali. Cucok!

Nah kalo Stripping itu apa dan gimana? :
Stripping
Stripping adalah cara untuk menghilangkan residu dari cloth diaper. Residu ini dapat disebabkan karena timbunan deterjen, sabun, atau pelembut.

Timbunan pengotor ini dapat menyebabkan bau dan menurunkan kualitas cloth diaper.
Stripping itu mencuci clodi tanpa menggunakan detergen dengan menggunakan produk khusus yang fungsinya untuk mengembalikan kinerja daya serap cloth diaper. Misal ni yah masalah cloth diaper yang paling banyak ditemui adalah jadi gampang bocor, it’s mean sudah waktunya clodi kita stripping: mungkin residu dari detergen atau cara pembersihan yang pada saat waktu kita mencuci cloth diaper belum maksimal banget. Nah si stripping inilah akan bekerja mengembalikan fungsi cloth diaper itu sendiri. Stripping itu cukup dilakukan 1 bulan sekali. 
Caranya gampang banget. Setelah kita cuci clodi sampe bersih terus kita rendam lagi clodi yang sudah dicuci bersih ini di air rendaman yang sudah kita campur dengan produk untuk stripping. 
Cara melakukan stripping:

Cuci dan bilas dengan air bersih tanpa deterjen sampai tidak muncul busa.


Lakukan stripping seperlunya saja (ga perlu ada jadwal khusus) dan kalau mengikuti saran saya yaitu membilas setiap sekali pakai dijamin clodi2 bakalan awet dan ga perlu di stripping.
Produk stripping cloth diaper yang aku pake adalah Magic Clean. Selain Magic Clean bisa juga kita buat sendiri dari baking soda dan cuka. Lamanya rendaman sekitar 10 menit atau sampai dengan 1 jam.
Magic Clean ini aman yaa karena limbahnya dari produk ini akan terurai. Jadi ga perlu khawatir akan limbahnya.

Terus kapan jadwal mencuci clodi yang tepat?
Kalo aku biasanya berjalan setelah 2 hari - 2 hari itu 6 clodi hahahahaha. Biar aman-nya, kita udah ready 12 / 15 pcs penggunaan clodi diawal yah.
Jadi ga bakalan repot kejar2an cuci pake, cuci pake heheheh. Pengalaman mengajarkan segala eyymmmmm. Tapi balik lagi nih ke poin kita harus tau frekuensi pipis dan pup anak kita.

Keuntungan menggunakan Cloth Diaper : 
Hmmm, kalo ini soal hitung2an matematika rumah tangga hahahahhaa. 
Jadi why I choose clodi :  bukan cuma bantu mengurangi sampah, juga karena insecure-nya aku sebagai seorang ibu dikondisi kita saat ini dan Bima ga bisa pake popok merk lain dia cuma bisa menggunakan popok brand tertentu yang harganya memang audubilleehh. Lebih tepatnya sih pengeluaran pospak anak itu lumayan besar budget-nya. Even kondisi kita ini cukuplah untuk bisa beli popok anak setiap bulan-nya. Tapi permasalahannya adalah popok anak itu harganya jadi makin makin dan memang popoknya dia adalah popok dengan brand besar yang premium banget. Jadi I think ini lumayan banget pengeluarannya: duit segitu dibuang, untuk sekali pake ajah. Yaa sayang kan? 
Harga popok Bima itu yang isi 54 : Rp. 308.000,- (hmmm yaa yaaa yaa - ini harga beli di Supermarket). Harga satuan-nya berarti sekitar Rp. 5.700-an πŸ˜† dan Bima itu pake popok sehari ganti 4x sd 5x, let say paling terbanyak dia ganti 4x sampe 5x popok. Kita ambil pembagian yang 5x ganti yaah. So, popok dengan isi 54 pcs itu hanya cukup untuk 10 hari. Meanwhile didalam 1 bulan itu kita ada 4 minggu. Yang artinyaa isi 54 pcs popok sekali beli cuma untuk 1 minggu lebih (isi popok 54pcs biasanya aku kurangin 4 untuk simpenan di Bima Bag, kalo pas kita lagi jalan takutnya dia pup, kita udah bawa cadangan). 
Tinggal kita kali-in kan Rp 308.000 x 4 minggu : Rp. 1.232.000 (nah gimanaaa?? Gimanaaa).
1.200.000 hanya utk dibuang setiap bulan. Terus kalo di kali 12 bulan jadi berapa? Ini nih yang paling paling pengeluaran setaun Rp. 14.784.000 bwakakakakakakakakakakk πŸ˜‚πŸ™ŒπŸ» you think?! 
Berarti yaa perjalanan Bima dr usia dia kemarin newborn itu sampe sekarang baru usia 2 tahun udah ngeluarin Rp. 29.568.000 πŸ˜…πŸ˜©πŸ˜‚ bwakakakakakakakakakakakakk. 
Wah segitu udah dapet berapa clodi yaa skrg kalo aku belanjain. πŸ˜…πŸ™ŒπŸ». Rasanya nyesss banget kan. 

Untung sih mengenal clodi lebih cepat, memang pertama kali aku beli clodi di awal pembelian-nya lumayan banget. It can takes almost Rp. 2.500.000,- ; Karena clodi yang aku pake kebetulan semua kebanyakan dari brand US, jadi harganya memang mahal, tapi memang beneran ada harga ada barang. I wish Local Brand bisa keluarin produk clodi yang sebagus dr US. Rencananya next month nanti bakalan nabung lagi untuk beli another few clodi. Jadi budget untuk belanja popok 1 bulan udah aku coret banget di next 2 month. Aku keluarin budget beli popok 2 bulan. Langsung untuk kejar seminggu belajar pake clodi, sekarang udah ada 12pcs clodi yang pemakaiannya bisa hemat banget sampai nanti usia anak 4 tahun-an itu juga kalo ga tergoda iman belanja onlen langsung ke web mereka bwakakakakaka. Jadi gimana setelah baca dan berhitung udah hemat jauuhh kan? 
Itu poin-nyaa sih. Kondisi seperti skrg, yang dimana dunia per-ekonomian harus balik lagi recovery karena wabah ini. Ada baiknya merencanakan sesuatu diawal supaya budget-nya bisa dipergunakan untuk kebutuhan anak yang lebih penting, bisa nabung buat dia sekolah yakaan.

Di tulisan kali ini, aku sharing soal cloth diaper yang memang menurut aku bagus. Don’t underestimate. Dan ga minta untuk buibuk kudu beli brand ini yah. Ini cuma review ajah. Sharing as pemake clodi yang masih jadi pemain baru heheheh. Dipetik dari tulisan ini ambil segi positif-nya dengan mencari clodi yang ga perlu mahal, tapi mungkin bisa dapetin yang punya quality sama kayak Rumparooz, Best Bottom atau Baby Kicks let’s say cari cloth diaper yang memiliki double inner gusset, jadi kalo dipake ga akan bocor samping. Dan kalo diantara para pembaca ini ada yang tau clodi local yang bagus. You can DM me on my instagram @ollaberman jangan lupa difollow juga yah. Thank you for reading my blog.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar